Berbuat Baiklah tanpa Berpikir akan Menerima Balasan

Wednesday, April 26, 2006

Oleh : M. S. Krishnamurti

Mengapa kita sering berpikir untuk mendapatkan balasan atas kebaikan yang kita perbuat. Bila memang demikian kita belum memahami dengan benar peran yang mesti kita lakoni di dunia ini. Sudah semestinya kita tak usah sungkan lagi untuk menyingkirkan benda apapun yang berserakan di jalan yang dapat mencederai orang lain, singsingkan lengan membantu seorang tuna netra menyeberangi jalan, atau membantu korban kecelakaan, atau bahkan memberikan tetesan darah untuk menyelamatkan jiwa orang lain.
Tidak perlu lah berkecil hati untuk semua tindakan yang telah kita perbuat meski ucapan terimakasihpun tak kita dapatkan. Bisa saja orang lain tak memahami dengan baik perbuatan yang kita berikan atau mengganggapnya memang sudah kewajiban kita, tak apa. Abaikan saja ucapan terima kasih yang ingin kita harapkan yang dapat mengikis ketulusan dan keikhlasannya. Seperti air sungai yang terus mengalir ke lautan itulah
kebaikan yang mesti kita pertahankan.

Jadi, mengapa tidak kita bebaskan saja pikiran kita dari rasa berjasa terhadap orang lain. Dan biarkan tangan kiri kita seakan tak tahu budi baik yang berikan oleh tangan kanan kita.

Batavia, 17 November 2005(Mohamad Yunus-TCI)

0 comments:

Post a Comment